Bab 4 Model Komputer dan Prinsip Kerjanya

1. Supercomputers

Disebut juga dengan nama parallel processor, karena super komputer adalah komputer mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara parallel.

Contoh; perusahaan telkom PTT di Belanda yang menggunakan sebanyak 48 processor yang parallel.

Penggunaan super komputer memungkinkan penerapan sistem time-sharing yang lebih efektif. Ribuan terminal dapat dihubungkan dengan super computer dan ribuan pemakai dapat menggunakannya pada saat yang bersamaan.

2. Mainframe computer

Kebanyakan menggunakan sistem multiprogramming, multiprocessing dan virtual storage serta bersifat multi user dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan buah.

3. Mini computer

Kompoter mini dapat bersifat multi-user ( pemakaiannya banyak ) yaitu sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai.  Bentuk dari komputer mini cukup kecil

4. Personal computer ( PC )

Komputer Pribadi, mikrokomputer ini dimungkinkan oleh dua inovasi teknis di bidang mikroelektronika: sirkuit terpadu, atau IC, yang dikembangkan pada tahun 1959, dan mikroprosesor, yang pertama kali muncul pada tahun 1971.  IC diizinkan miniaturisasi sirkuit sebuah chip silikon tunggal. mengelola aliran data, ada potensi untuk mengembangkan sistem yang terpisah yang dapat berfungsi sebagai mikrokomputer lengkap.

5. Hand Held Computers

Sebuah komputer portabel yang cukup kecil untuk dipegang di tangan seseorang. Meskipun sangat mudah untuk dibawa, handheld komputer belum diganti komputer notebook karena mereka yang kecil keyboard dan layar  yang secara khusus dirancang untuk memberikan PIM (personal information manager) fungsi, seperti kalender buku dan alamat.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s