BAB 12 Tempat Penyimpanan (Storage)

Media penyimpanan atau storage  di bedakan menjadi 2 bagian,yaitu :

1. Internal Storage (Primary Storage)

2. External Storage (Secondary Storage)

 

Internal Storage (Primary Storage)

Ada 4 bagian di dalam Primary Storage, yaitu :

(a)      Input Storage Area;

Untuk menampung data yang dibaca.

(b)   Program Storage Area;

Penyimpanan instruksi-instruksi untuk pengolahan.

(c)    Working Storage Area;

Tempat dimana pemrosesan data dilakukan.

(d)   Output Storage Area;

Penyimpanan informasi yang telah diolah untuk sementara waktu sebelum disalurkan ke alat-alat output.

 

External Storage (Secondary Storage)

Ada 2 jenis Secondary Storage :

  1. Serial / Sequential Access Storage Device (SASD);

Contoh : Magnetic tape, punched card, punched paper tape.

  1. Direct Access Storage Device (DASD);

Contoh : Magnetic disk, floopy disk, mass storage.

 

Peralatan Penyimpana Magnetik

a. Floppy Disk
Floppy disk atau disket adalah alat untuk memyimpan data, namun dengan kapasitas yang relatif kecil. Kemampuan simpan dari disket sekitar 1,44 MB. Untuk melakukan penyimpanan dan pembacaan disket diperlukan adanya floppy disk drive.

b. ZIP Drive Keterbatasan kapasitas pada floppy disk mendorong lahirnya teknologi baru yang disebut dengan Iomega Zip Drive. Perangkat ini terdiri atas floppy drive dan cartridge floppy khusus, yang mampu menampung sampai hamper 100MB data. Jumlah ini jelas memungkinkan untuk menampung file multimedia dan grafik (biasanya berukuran mega bytes), yang sebelumnya tidak dimungkinkan untuk disimpan dalam floppy disk

c. Harddisk
Harddisk merupakan media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Selain kapasitas harddisk, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan putarannya ketika membaca dan menuliskan data. Kecepatan putaran harddisk menentukan kecepatan akses data ke harddisk. Setiap komputer pasti mempunyai harddisk. Harddisk digunakan dengan tujuan sebagai tempat penyimpan data yang digunakan untuk satu komputer. Oleh karena itu, harddisk tidak dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain, kecuali kita ingin membongkar perangkat yang terdapat di komputer. Dilihat dari kemampuan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, maka harddisk merupakan media penyimpanan yang paling murah. Selain itu, akses data ke harddisk adalah yang tercepat dibandingkan tempat penyimpanan yang lain.

D. Flashdisk
Flash disk adalah alat untuk menyimpan data eksternal yang menggunakan penghubung USB. Pada saat ini flashdisk merupakan media penyimpanan yang paling mudah ditemui karena bentuknya yang kecil, mudah untuk dibawa, serta kapasitas penyimpanannya yang cukup besar. Seiring dengan perkembangan teknologi flashdisk menjadikan harga flashdisk makin terjangkau. Kapasitas penyimpanan flashdisk meliputi: 64 MB, 128 MB, 256 MB, 1GB, 2 GB dan saat ini telah mencapai di atas 4 GB.

e. CD-ROM
CD-ROM (Copact Disc-Read Only Memory) dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 megabyte. Namun, apabila dibandingkan dengan harddisk dan flash drive, akses untuk membaca data yang terdapat di CD-ROM lebih lambat.CD-ROM mempunyai harga yang sangat murah, hanya beberapa ribu saja per kepingnya. CD-ROM hanya dapat digunakan sekali saja. Kita hanya dapat membaca data dari CD-ROM dan tidak dapat menulis maupun menghapus. Untuk menulis data ke CD-ROM, kita memerlukan perangkat keras yang disebut dengan CD Writer. Menulis CD-ROM dengan CD Writer hanya dapat dilakukan apabila CD-ROM’ yang kita gunakan masih kosong.Agar dapat membaca CD-ROM, komputer kita harus dilengkapi dengan CD-ROM drive atau DVD drive.

F. CD-RCD-R (Compact Disc-Recordable) dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 megabyte. Data yang terdapat di CD-R juga tidak dapat dihapus. Perbedaannya dengan CD-ROM, kita dapat menuliskan data sampai beberapa kali asalkan kapasitas penyimpanan di CD-R belum penuh. Untuk menulis data ke CD-R, kita memerlukan perangkat keras yang disebut dengan CD Writer.

G. CD-RW
CD-RW (CompactDisc-ReWriteable) merupakan versi lain dari CD-ROM yang dilengkapi kemampuan untuk dibaca dan ditulis. Kita dapat menghapus data yang terdapat di CD-RW dan kemudian mengisinya dengan data yang lain. Menghapus dan menulis data dari dan ke CD-RW dilakukan dengan bantuan CD Writer.

H. DVD
DVD {Digital Versatile Disc) mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar apabila dibandingkan dengan CD-ROM yang ukurannya sama besar. DVD mempunyai kualitas penyimpanan yang sangat baik. Karena kualitas penyimpan yang sangat baik, DVD biasa digunakan untuk menyimpan film.DVD tidak dapat dibaca di CD-ROM drive. Oleh karena itu, apabila kita ingin komputer kita dapat memutar DVD, komputer kita harus dilengkapi dengan DVD drive. Saat ini di pasaran telah tersedia DVD drive yang dapat digunakan untuk membaca DVD sekaligus berfungsi sebagai CD Writer atau sering dikenal dengan istilah DVD Combo. DVD drive juga dapat digunakan untuk membaca CD-ROM. Bentuk fisik dari DVD drive sama saja dengan CD-ROM drive.

I. DVD-RWDVD-RW (Digital Versatile Disc- ReWriteable) adalah tempat penyimpanan yang merupakan versi lain dari DVD. Berbeda dengan DVD yang hanya dapat dibaca, maka DVD-RW dapat ditulis dan dihapus. Karena kemampuan DVD-RW yang dapat ditulis dan dihapus, maka harga sebuah DVD-RW jauh lebih mahal dibandingkan dengan DVD.

 

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s