RDBMS

RDBMS adalah singkatan dari  “Relational Database Management System”. Data RDBMS disimpan dalam objek database yang disebut tabel. Tabel adalah tempat penyimpanan utama pada setiap RDBMS dan pada dasarnya mereka adalah koleksi entri data terkait. Sebagai contoh tabel yang disebut Users mungkin menyimpan informasi tentang banyak orang, dan setiap entri dalam tabel ini akan mewakili satu pengguna yang unik. Meskipun semua entri pengguna dalam tabel Pengguna yang unik, mereka terkait dalam arti bahwa mereka menggambarkan objek serupa.

RDBMS menyimpan data ke dalam kelompok tabel , yang mungkin ya atau mungkin tidak setip tabel terkait pada bagian fieldnya (field adalah satu kolom dalam tabel). RDBMS juga menyediakan operator relasional untuk memasukkan atau meng-update maupun menghapus informasi yang disimpan ke dalam tabel database.

ORACLE

adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).

Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

COMPUTING MODEL ORACLE  10g

Oracle Corporation mengeluarkan produk Oracle 10g berbasis grid computing. Grid computing adalah arsitektur TI baru yang menghasilkan sistem informasi perusahaan yang berbiaya rendah dan lebih adaptif terhadap dinamika bisnis. Dengan grid computing, sejumlah komponen hardware dan software yang modular dan independen akan dapat dikoneksikan dan disatukan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan bisnis. Dalam mengadopsi grid computing, perusahaan tidak perlu mengambil langkah secara revolusioner, karena aplikasi yang sebelumnya telah dijalankan akan tetap bekerja seperti sebelumnya. Dan dimungkinkan pula untuk mengadopsi teknologi grid computing pada aplikasi yang telah dijalankan, bahkan tanpa memerlukan banyak penulisan ulang konfigurasi sistem.

OVERVIEW PERINTAH PERINTAH SQL

Perintah Dasar SQL

Perintah Select

Perintah Select digunakan untuk :

Selection : memilih baris/record

Projection : memilih kolom/field

Join : mengambil data dari beberapa tabel yang berbeda

SQL dan SQL*PLUS

SQL *PLUS adalah lingkungan untuk melakukan hal berikut ini :

– Menjalankan perintah SQL YANG BERFUNGSI untuk mengambil, mengubah, menambah dan memindahkan data dari database.

– Bentuk, kalkulasi, simpan & mencetak hasil QUERY dalam bentuk report

– Membuat file script untuk menyimpan perintah SQL sehingga digunakan kembali dimasa datang

PL / SQL

Adalah pengembangan bahasa prosedural SQL, bahasa standard untuk mengakses data pada database relational dari oracle coorperation.

KELEBIHAN PL / SQL :

  1. Integrasi yang cukup baik
  2. PL / SQL dalam Oracle Tools
  3. Meningkatkan kinerja

DB2

PENGERTIAN DB2

DB2 merupakan sebuah RDBMS buatan IBM yang dapat berjalan di multi platform dan berbagai sistem operasi. Seiring berjalannya waktu, DBMS semakin kaya fitur dan dan semakin powerful. Saat ini DB2 sebagai DBMS banyak digunakan di perusahaan-perusahaan besar, dan juga sudah mulai dipelajari di berbagai perguruan tinggi berbasis TI.

PERKEMBANGAN DB2

Akhir th 70-an : Riset penyusunan teknologi rasional

Th 80-an : Produk DB2 untuk VM, VSE, MVS, AS/400, OS/2

Th 90-an : Produk DB2 untuk AIX, HP-UX, SOLARIS, NT, SINIX

 

KELEBIHAN DB2

  • Dirancang untuk memperoleh informasi dalam bisnis berskala kecil maupun besar.
  • Memiliki alat yang mengizinkan user membuat macam-macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data.
  • Memenuhi kebutuhan bisnis untuk aplikasi-aplikasi baru
  • Dapat dijalankan pada bermacam-macam platform.
  • Menunjang client/server platform, aplikasi multimedia, object oriented.
  • Scalable across
  • Menawarkan Open hardware dan system integration
  • Integrated Tools dan Usability enhancements

DB2 PRODUCT FAMILY

Produk-produk DB2 yang dijalankan pada OS/2 dan platform yang berhubungan dengan produk tersebut dikenal sebagai versi DB2 Common Server. Hal ini untuk membedakan bahwa produk-produk tersebut dapat dijalankan pada platform yang sejenis, yang berisikan fungsi produk yang serupa dan menggunakan bersama source code yang sama.

Produk-produk DB2 Common Server merupakan client/server RDBMS untuk server IBM dan server non IBM, dan workstation yang berisikan fungsi-fungsi dimana aplikasi dapat dijalankan pada lingkungan client yang luas, fungsi-fungsi untuk menyimpan dan mengelola data, dan gateway yang mengizinkan pengaksesan data dengan SQL pada lingkungan yang heterogen.

 

 DB2 OBJECT

Kunci elemen pada Sistem Administrator DB2 adalah pengaturan obyek-obyek DB2 yang dibuat oleh software DB2. Obyek-obyek yang terdapat pada DB2 di antaranya : Tabel dan View yang digunakan oleh application programmer dan end user yang merupakan bagian dari pemrosesan aplikasi. Juga termasuk obyek-obyek yang biasanya tidak terlihat pada tingkatan aplikasi seperti table space, index, database, dan storage group.

Sumber referensi :

http://www.ebizeducation.com/index.php/training/oracle?2b4e201734ce4648b0a2ac530053bef1=5869c36d621c2fb451c3114060d61149

http://nurstiil.blogspot.com/2009/11/pengenalan-oracle-sejarah-perusahaan.html

https:sova.staff.gunadarma.ac.id/

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s