SQL

PENGENALAN SQL

SQL (Structured Query Language), merupakan script yang digunakan untuk melakukan komunikasi dengan Database. SQL juga merupakan bahasa standar yang digunakan untuk RDBMS (Relational DataBase Management Systems). SQL sendiri juga bisa digunakan untuk melakukan proses insert, update atau delete ke dalam suatu database.

PENGELOMPOKKAN PERINTAH SQL  :

  • DDL (Data Definition Language) berfungsi lebih ke dalam memanipulasi struktur dari database. Contohnya DDL ini bisa digunakan untuk membuat tabel atau menghapus tabel. Kita juga bisa membuat key atau index dengan menggunakan DDL ini, membuat relasi antar tabel juga bisa dilakukan dengan DDL ini.

Beberapa statemen atau sintaks yang sering dijumpai dalam DDL adalah sebagai berikut:
– CREATE TABLE, bertugas untuk membuat table

– ALTER TABLE, bertugas untuk merubah struktur suatu table

– DROP TABLE, bertugas untuk menghapus suatu table

– CREATE INDEX, bertugas untuk membuat suatu index dalam table

– DROP INDEX, bertugas untuk menghapus suatu index dalam tabel.

 

  • DML (Data Manipulation Language) adalah satu paket DBMS yang memperbolehkan pemakai untuk mengakses atau memanipulasi database bagaimana yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat. Dengan DML dapat dilakukan kegiatan : 1. Mengambil informasi yang tersimpan dalam basis data. 2. Menyisipkan informasi baru dalam basis data. 3. Menghapus informasi dari tabel. 4. Terdapat dua tipe DML yaitu prosedural dan non prosedural.

 

  • DCL (Data Control Language) adalah sebuah perintah atau sintak yang digunakan atau dipergunakan untuk mengontrol hak akses (privillage) atas sebuah database, dimana Administrator dapat memberikan akses kepada user – user dan membatasinya, atau bahkan mencabut hak – hak tersebut. Ada dua perintah utama dalam penanganan hak akses, yaitu : Grant dan Revoke.
    1. Grant : perintah yang digunakan untuk memberikan hak akses terhadap User (Pengguna). Hak akses ini diberikan oleh Administrator, Hak akses yang diberikan meliputi hak membuat (CREATE), mengambil / request (SELECT), memanipulasi dan mengupdate (UPDATE), dan menghapus (DELETE). Selain hal itu Grant juga bisa digunakan untuk menambah user baru dan memberikan hak aksesnya terhadap suatu database.
    2. Revoke : digunakan untuk mencabut atau menghilangkan hak akses dari user atas suatu database, baik keseluruhan atau sebagian dari database tersebut. Berikut adalah sintak umum dari Revoke.

     

Sumber referensi  :

http://amri166.blogdetik.com/2012/03/27/dcl-dan-normalisasi/

http://imamnet86.blogspot.com/2009/03/pengenalan-sql.html

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s