Jurnal Tentang Database

Manfaat Database Dalam Kehidupan Sehari-hari

Disusun oleh : Hilda Silvianingrum

Fakultas D3 & Kewirausahaan

Universitas Gunadarma

 

I. Abstrak

Sering kita mendengar istilah database, terkadang kebanyakan orang masih bingung apa itu database? Menurut beberapa sumber, database merupakan salah satu komponen yang penting di dalam sistem informasi, karena berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi para pemakainya. Di dalam database juga ada penerapan database dalam bentuk system informasi disebut dengan database system. Sistem basis data (database system) ini adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi

II. Pendahuluan

Data base adalah tempat penyimpanan data-data mentah yang akan dikelola menjadi sebuah informasi sebagai hasil yang akan dipakai oleh pengguna. Banyak orang yang belum terlalu mengenal apa fungsi dan cara pemakaian data base bagi pekerjaan mereka maupun kegiatan mereka. Data base sangat membantu pekerjaan yang berhubungan dengan pengolaan data mentah untuk dijadikan sebuah informasi bagi pengguna, seperti misalnya mini market, supermarket, dan perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak sekali data yang harus diolah untuk menjadi sebuah informasi, data base akan sangat membantu. Karena pengguna hanya memasukkan data-data tersebut dan saat pengguna menginginkan data-data tersebut maka pengguna hanya mengetikkan kode inti dari data yang ingin dicari untuk menjadi sebuah informasi.

III. Rumusan Masalah

Dilihat dari kegunaannya database menjadi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan database kita dapat dengan mudah mengolah data-data mentah yang kita punyai untuk dikelola menjadi sebuah informasi yang berguna bagi kita, apalagi bila kita mempunyai suatu usaha yang memang mempunyai banyak data yang harus dikelola dan banyak informasi yang dibutuhkan, maka database adalah salah satu cara agar mempermudah pekerjaan kita.

IV. Tujuan

Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui seberapa penting manfaat penggunaan database dalam kehidupan sehari-hari dilihat dari fungsi database.

V. Pembahasan

i. Pengertian & Fungsi Database

Database merupakan kumpulan informasi yang saling berhubungan.  Hubungan antar data ditunjukan dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam table terdapat record-record yang sejenis, record  merupakan satu kumpulan yang seragam.

Fungsi Database

Fungsi-fungsi database yang digunakan untuk menghitung RekapitulasiData adalah sebagai berikut:

1.=DSUM(database;field;criteria)

Digunakan untuk menghitung jumlah dari data tertentu.

2.=DMAX(database;field;criteria)

Digunakan untuk mwnghitung nilaidata maksimal dari data tetentu.

3.=DMIN(database;field;criteria)

Digunakan untuk menghitung nilaidata minimal dari data tertentu.

 

ii. Contoh Penggunaan Database Dalam Lehidupan Sehari-hari

Database dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari contohnya ketika kita belanja di supermarket dan ketika kita akan membayar belanjaan kita pada kasir,tentu saja yang di lakukan kasir yaitu kasir akan memasukkan data belanjaan kita pada computer kecil di sebelahnya dan selembar struk belanjaan berisi daftar belanjaan, lengkap dengan jumlah harga dan kembaliannya pun keluar dari mesin pencetak.
Nah, Contoh tersebut di atas itu merupakan contoh database di dalam kehidupan sehari-hari yang di dalamnya tersimpan data semua produk barang, harga barang dll. Database bisa di pakai jika di perlukan.Sistem yang ditujukan untuk menangani database tersebut di sebut dengan DBMS (Database Management system). Dengan DBMS pemakaian dapat menambahkan data, menghapus data, mengubah data, mencari data, menampilkan data dengan kriteria tertentu, mengurutkan data, dan salah satu database yang popular adalah database relasional. Ada banyak sekali aplikasi DBMS ini mulai yang berjalan di komputer personal (PC) sampai ke komputer skala mainframe.

Selain itu juga penggunaan database dapat kita lihat di perpustakaan. Buku yang ada di perpustakaan merupakan system yang menggunakan database. Peminjam diberi kartu perpustakaan untuk memudahkan pengelola perpustakaan memasukkan kode ID peminjam, buku apa yang dipinjam, tanggal meminjam dan tanggal mengembalikan. Buku diberi kode sesuai jenis dan diletakkan di rak urut berdasarkan nomor kode. Ini merupakan system database manajemen yang sederhana.

Peggunaan database juga dapat kita temukan pada pengolahan data mahasiswa di Universitas. Data mahasiswa mulai dari nomor induk, nama, alamat, nomor handphone dapat dengan mudah ditemukan dengan menggunakan database. Suatu database harus disusun dengan baik sehingga kita dapat memperoleh informasi yang kita inginkan secara cepat, berapapun banyaknya data tersebut.

Suatu contoh lainnya yaitu database dalam mencari nomor handphone seseorang di kontak handphone ataupun kamus, kita bisa mencari nama atau kata yang kita inginkan dengan waktu yang tidak terlalu lama.

VI. Kesimpulan

Pada dasarnya tanpa kita sadari banyak manfaat yang ditimbulkan dengan adanya database. Database menjadi sangat penting penggunaannya karena dengan database kita dapat lebih mudah dalam mencari sebuah data dari jumlah data yang besar sehingga tidak perlu memakan waktu yang lama.

VII. Saran

Dilihat dari manfaatnya terkadang terdapat beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab yang menyalah gunakan fungsi dari database. Oleh karena itu, diharapkan untuk adanya pengamanan yang lebih agar tidak terjadi penyalah gunaan.

VIII. Daftar Pustaka

http://nimaderizaariesandi.blogspot.com/2011/10/database-dalam-kehidupan-sehari-hari.html

http://melianthawinata.blogspot.com/2011/10/database-dalam-kehidupan-sehari-hari.html

http://arinchatarina.blogspot.com/2011/10/kegunaan-data-base-dalam-kehidupan.html

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s